Subscribe Us

Kita Mesti Mencontoh Jepang dalam Membuat Kemasan Menarik



Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada pelaku UMKM untuk memperhatikan pentingnya kemasan atau packaging suatu produk.

Luhut yang akrab dipanggil opung LBP ini menyatakan, bangsa ini harus mencontoh negara Jepang dalam hal kemasan atau packaging produk. Pengemasan yang baik akan berbanding lurus dengan daya tarik terhadap konsumen.

Di samping itu,Luhut Binsar Pandjaitan juga mengingatkan terkait inovasi seperti packaging perlu diperhatikan oleh para pelaku UMKM.

Sebelumnya, hal ini disampaikan juga oleh oleh Menteri BUMN Erick Thohir, bahwa negara Timur Tengah sangat tertarik pada investasi pada sektor UMKM.

Erick Thohir mengakui, Kemeterian BUMN telah mimiliki sejumlah jaringan di kawasan Timur Tengah. Untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat Timur Tengah terhadap produk UMKM Indonesia, tentu saja penerapan inovasi dalam pengemasan atau packaging merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Para pelaku UMKM diharapkan dapat mengemas produk mereka secara efisien, memerhatikan aspek kebersihan, rasa, dan inovasi lainnya. Maka, diperlukan pelatihan packaging dengan sasaran para pelaku UMKM.

Sependapat dengan Menteri Erick Thohir tentang pelatihan pengemasan kepada para pelaku UMKM, Luhut berpesan agar e-commerce besar dapat membantu pelatihan kepada para pelaku UMKM dalam hal kemasan, pemasaran, keuangan, dan sebagainya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga pernah mengatakan, UMKM merupakan motor penggerak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional setelah terdampak pandemi COVID-19.

Bukti kepedulian pemerintah terhadap UMKM tersebut diwujudkan dalam pengalokasian anggaran untuk kesejahteraan masyarakat dan UMKM yang mencapai separuh dari total anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 695,2 triliun untuk Program PEN, yang sekitar Rp350 triliun di antaranya dialokasikan untuk menjaga tingkat kesejahteraan masyarakat dan UMKM.

Dapat dikatakan, karena pandemi Covid-19 belum usai, pemerintah akan benar-benar mengedepankan program pemulihan ekonomi di samping pemulihan kesehatan. Keberadaan dan kebertahanan UMKM di masa pandemi berbanding lurus dengan sejumlah inovasi yang digunakan dari mulai pembuatan hingga pemasarannya.

Tentu saja semua pihak berharap, ekonomi segera pulih dan pandemi cepat usai.

Posting Komentar

0 Komentar